Kemendikbudristek Ajak Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik Berbagi Potret Cerita Kurikulum Merdeka

ADMIN Jum'at, 12 May 2023 Berita 1.357

Jakarta Dalam rangka memeriahkan Festival Kurikulum Merdeka tahun 2023, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak para pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik untuk ikut serta berbagi potret dan cerita pengalaman bermakna tentang Implementasi Kurikulum Merdeka.


Selain dalam rangka Festival Kurikulum Merdeka, Potret Cerita Kurikulum Merdeka merupakan upaya Kemendikbudristek untuk menguatkan semangat sesama pendidik dan murid dalam rangka menyambut pembelajaran tahun ajaran baru tahun 2023/2024 bagi satuan pendidikan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Selain itu, agenda ini juga diharapkan dapat memberikan ruang belajar dan berbagi bagi para pendidik dan para murid, guna mewujudkan ekosistem pendidikan yang saling berdaya dan saling menguatkan guna menciptakan pembelajaran berkualitas.


Dirjen PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril mengungkapkan, secara garis besar Festival Kurikulum Merdeka merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek untuk meningkatkan gaung dan keberterimaan masyarakat terhadap Kurikulum Merdeka. Melalui festival ini, Kemendikbudristek ingin menunjukkan suasana pembelajaran menyenangkan yang diterima oleh murid melalui implementasi Kurikulum Merdeka.


Kita juga ingin menunjukkan bahwa satuan pendidikan Indonesia itu berdaya. Rangkaian Festival Kurikulum Merdeka ini diharapkan dapat menjadi pemantik, agar satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dapat menularkan semangat ke satuan pendidikan lainnya sebagai bagian dari perjalanan menuju 2024 menggunakan Kurikulum Merdeka,” terang Iwan.


Iwan juga menjelaskan, bahwa dalam Festival Kurikulum Merdeka terdapat beberapa rangkaian acara, mulai dari Potret Cerita Kurikulum Merdeka, Pameran Virtual, Video Kolase, Film Dokumenter, dan Puncak Festival Kurikulum Merdeka. 


Terkait dengan agenda Potret Cerita Kurikulum Merdeka, plt. Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Aswin Wihdiyanto mengatakan, terdapat beberapa persyaratan bagi peserta Kategori Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik. Untuk Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan, peserta disyaratkan bertugas pada satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2021/2022 atau 2022/2023. 


Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan mencakup Guru/ Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, SKB, PKBM; Pendidik PAUD; Pamong Belajar; Pengawas Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Penilik. Untuk Kategori Pelajar disyaratkan minimal berusia 13 tahun berada pada jenjang SMP, SMA, SMK, SMPLB, SMALB, SKB, PKBM yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2021/2022 atau 2022/2023, terang Aswin dengan syarat utama para peserta memiliki akun Instagram pribadi dan mengikuti akun @kurikulum.merdeka.


Aswin juga mengatakan para peserta dapat memilih untuk mengunggah foto atau video di akun Instagram masing-masing, dengan kriteria, foto atau video tersebut memuat pengalaman nyata atau praktik pembelajaran bermakna dan menyenangkan bersama dengan Kurikulum Merdeka.

Peserta memang diharuskan untuk mengirimkan surat pernyataan keaslian dan surat persetujuan.

Untuk penjelasan lengkapnya, mulai dari kriteria peserta, syarat umum dan khusus kegiatan Potret Cerita Kurikulum Merdeka ini dapat dilihat di laman Kurikulum Merdeka yang dapat diakses melalui tautan  https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/potretcerita/,” kata Aswin sembari mengungkapkan bahwa peserta terpilih dari masing-masing kategori akan mendapatkan laptop dan uang pembinaan.

Berikut ini adalah lini masa pengumpulan karya foto dan video untuk Potret Cerita Kurikulum Merdeka:

  1. Unggah Karya Potret Cerita melalui Instagram dan mengisi formulir pendaftaran : 10 Mei - 4 Juni 2023

  2. Pemilihan karya: 20 Mei - 6 Juni 2023

  3. Pengumuman karya terpilih Tahap I untuk ditampilkan pada pameran virtual

(15 nominasi per kategori):  8 Juni 2023

  1. Pengumuman karya terpilih Tahap II 

(3 peserta per kategori) : 10 Juni 2023

  1. Puncak Festival Kurikulum Merdeka: 22 Juni 2023

Jika ada perubahan lini masa akan disampaikan melalui laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/potretcerita/ dan Instagram @kurikulum.merdeka