PMPK, Jakarta – Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Kepala sekolah dan guru dari Sekolah Penggerak melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan lain.

Program Sekolah Penggerak adalah program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

Terdapat 5 intervensi Program Sekolah Penggerak, yaitu:

>> Pendampingan konsultatif dan asimetris

>> Penguatan sumber daya manusia di sekolah

>> Pembelajaran dengan paradigma baru

>> Perencanaan berbasis data

>> Digitalisasi sekolah

 

Kepala sekolah luar biasa negeri (SLBN) 01 Jakarta Dedeh Kurniasih mengaku ini adalah kali kedua bagi dirinya mengikuti seleksi Program Sekolah Penggerak. Pada kali pertama, dirinya belum berhasil ketika memasuki fase wawancara.

“Ingin meningkatkan prestasi SLBN 01 Jakarta, saya diberikan amanah sebagai kepala sekolah. Kayaknya sih sama semua kepala sekolah, ingin meningkatkan tempat bekerjanya, rumah keduanya, ingin lebih baik,” kata Dedeh.