PMPK, Lombok Tengah – Tema peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional kali ini adalah Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar. Tema tahun 2022 ini terinspirasi dari tema HAI UNESCO yaitu Transforming Literacy Learning Spaces.

Peringatan HAI tahun ini merupakan sebuah momentum dalam menyosialisasikan dan menguatkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka dan Program Merdeka belajar melalui penyadaran pentingnya ruang belajar literasi untuk membangun ketahanan serta memastikan pendidikan yang berkualitas, adil, dan inklusif untuk semua.

Di samping itu, melalui tema ini diharapkan dapat membangkitkan semangat para pemangku kepentingan untuk menyukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan memanfaatkan secara optimal “Platform Merdeka Mengajar (PMM)”.

Tema ini diambil sebagai momentum yang menegaskan pentingnya buta aksara dan peningkatan literasi masyarakat penduduk dewasa melalui layanan pendidikan keaksaraan yang inovatif bagi warga masyarakat buta aksara latin usia 15 s.d. 59 tahun agar memiliki sikap, pengetahuan, maupun keterampilan berbahasa Indonesia, untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Selain itu, peningkatan literasi masyarakat termasuk dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka menuju terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Peringatan HAI Tingkat Nasional Tahun 2022 akan dilaksanakan di Raja Hotel Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai tanggal 6 September 2022, dimana puncak peringatan itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 8 September 2022 dan akan dihadiri oleh Direktur UNESCO Jakarta, perwakilan UNESCO Paris, Komisi X DPR RI, Kementerian terkait, Gubernur, Bupati/Wali Kota, para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sejumlah perwakilan lembaga mitra dan satuan pendidikan terkait, masyarakat umum, serta para penerima penghargaan yakni: Apresiasi Publikasi Foto Keaksaraan; Apresiasi Publikasi Video Keaksaraan; Apresiasi TBM Kreatif-Rekreatif; Apresiasi Video Literasi; Apresiasi Video dan Foto Literasi; Anugerah Aksara; serta Praktik Baik Literasi Masyarakat. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim akan hadir secara dalam jaringan (daring).

Untuk memeriahkan acara peringatan HAI Tahun 2022, disusunlah beberapa rangkaian kegiatan, antara lain:

1. Webinar Pengembangan Literasi Masyarakat di Era Digital (10 episode) mulai dari bulan Juni s.d. Oktober 2022.

2. Apresiasi Pendidikan Keaksaraan yang dilaksanakan mulai Bulan Juli 2022 (pendaftaran peserta) hingga bulan Agustus 2022 (pleno).

3. Konvensi Pendidikan Kesetaraan dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka 7 s.d. 9 September 2022 di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

4. Acara Puncak HAI pada 8 September 2022 yang akan diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

5. Festival Literasi Indonesia (FLI) dilaksanakan pada 27 s.d. 30 September 2022 di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

sumber:kemdikbud.go.id