PMPK -  Perencana Ahli Madya Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Kemendikbud, Mukhlis mengatakan pemerintah tidak pernah berhenti berupaya dalam mencerdaskan seluruh anak bangsa. Pendidikan merupakan investasi yang paling berharga dalam pembangunan sebuah bangsa.  

"Seluruh anak bangsa harus mendapat pendidikan yang berkualitas. Pendidikan adalah investasi sangat berharga yang akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang siap bersaing dengan bangsa-bangsa maju lainnya," ujarnya kepada redaksi.

Upaya tersebut nyata dilakukan. Misalnya di Direktorat PMPK memiliki program unggulan, yakni ADEM. Program tersebut memberikan kesempatan bagi anak-anak Papua dan Papua Barat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. 

"Progam ADEM menjadi program unggulan yang sudah berjalan sejak tahun 2013. Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan untuk anak-anak dari Papua dan Papua Barat mendapatkan pendidikan yang berkualitas di Pulau Jawa dan Bali," jelasnya.

Dia menjelaskan, setiap tahunnya pemerintah memberikan kesempatan kepada 500 orang untuk mengikuti program ini, yakni Papua sebanyak 350 orang dan Papua Barat 150 orang. Dan masing-masing peserta dalam program ini mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta per bulan.

Menurutnya, program ini menjadi perhatian oleh Presiden Jokowi. Sehingga program ini langsung dipantau langsung oleh Staf Khusus Presiden.

Muklis berharap melalui program ADEM ini akan mencetak anak-anak Papua dan Papua Barat menjadi generasi yang unggul sehingga ke depan mereka akan menjadi pionir di daerah dan memberikan pemahaman kepada warga di sana.

"Menjadi pionir penggerak ekonomi dan peningkatan SDM mereka masing-masing," ujarnya. 

Dia mengatakan, potensi alam di  Papua dan Papua Barat sangat luar biasa. Maka itu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM)  yang unggul dan orang-orang kreatif untuk mengelola potensi tersebut, sehingga ke depan Papua dan Papua Barat menjadi daerah yang berkembang dan maju di bawah naungan NKRI.

"Kita harapkan anak-anak Papua membangun daerah dan memperkuat persatuan bangsa,"harapnya.