PMPK – Tahun ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, di halaman Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, pada Rabu (17/8) dengan mengenakan pakaian adat Betawi. Upacara dilaksanakan secara khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Dalam pidatonya, Mendikbudristek mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelaku pendidikan untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar. “Selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar,” disampaikan Mendikbudristek.

Para peserta upacara yang hadir yang terdiri dari sebelas orang perwakilan dari setiap unit utama di lingkungan Kemendikbudristek juga mengenakan pakaian adat tradsional. Pakaian adat tradisional yang dipakai antara lain dari Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Demikian juga pejabat eselon I yang hadir juga mengenakan pakaian adat tradisional. Kali ini, Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti mengenakan pakaian adat Jambi, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan & Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Iwan Syahril mengenakan pakaian adat Nusa Tenggara Timur, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengenakan pakaian adat Bali, Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengenakan pakaian adat Nusa Tenggara Barat, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo mengenakan pakaian adat Palembang, Kepala Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa (BPPB), Endang Aminudin Aziz memakai pakaian adat Melayu, dan Inspektur Jenderal, Chatarina Muliana Girsang mengenakan pakaian adat Kebaya Nasional.

Dalam kesempatan ini, Mendikburistek menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30, 20, dan 10 tahun kepada 3.308 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemendikbudristek. Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun diterima oleh Sesjen Suharti dan Kepala Badan Bahasa, Endang Aminudin Aziz sebagai perwakilan. Selanjutnya, untuk Satya Lancana Karya Satya 20 tahun diterima oleh pegawai BSKAP, Kosasih Ali Abu Bakar dan Idwin Irma Krisna. Untuk Satya Lancana Karya Satya 10 tahun diterima oleh pegawai di bawah Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Efrini dan Fathurrahman.

Dalam kesempatan ini, Kemendikburistek melalui Sesjen Suharti menyerahkan Arsip Statis kepada Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia, Kandar. Arsip statis yang diserahkan terdiri dari 121 nomor arsip produk hukum dari tahun 1947 sampai tahun 2014, satu nomor arsip Laporan Keuangan Kementerian, tiga nomor arsip Berita Acara Serah Terima Jabatan Mendikbud dari tahun 2004 sampai tahun 2016. Serta dua nomor arsip Surat Edaran (SE) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai penanganan Covid-19 tahun 2020 dan 2021.

Menutup rangkaian upacara HUT ke-77 RI, tim orkestra SMK Musik Perguruan Cikini Jakarta dengan konduktor Adi Saputra menyanyikan tiga lagu secara berturut-turut yaitu Lagu Hari Merdeka, Lagu Opio, dan Lagu Yamko Rambe Yamko medley dengan Lagu Maumere.