PMPK – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak para penggerak Merdeka Belajar untuk terus bergerak bersama memulihkan bangsa pascapandemi Covid-19.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, pimpin pemulihan dan terus bergerak bersama Merdeka Belajar,” ujar Mendikbudristek dalam pidato upacara Hardiknas 2022 di halaman kantor Kemendikbudristek, Jakarta, pada Jumat (13/5).

Ucapan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. “Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga kita selalu semangat untuk bangkit dan pulih demi masa depan Indonesia,” ucapnya.

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Sylviana Murni juga mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. “Mari bersama kita terus memajukan pendidikan di Indonesia, salam Merdeka Belajar,” ujarnya.

Selain upacara bendera, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga menggelar acara peringatan Hardiknas Tahun 2022 yang disiarkan secara langsung pada Jumat, 13 Mei 2022, pukul 18.30 WIB. “Jangan lupa untuk menyaksikan acara khusus peringatan Hardiknas Tahun 2022 di TV Edukasi, kanal budaya Indonesiana TV, dan YouTube Kemendikbud RI pada Jumat malam pukul 18.30 WIB,” ajak Menteri Nadiem.

Sebagai informasi, kanal TV Edukasi dapat disaksikan dengan mengakses IndiHome pada saluran 127, atau tve.kemdikbud.go.id. Sedangkan kanal budaya Indonesiana TV dapat disaksikan dengan mengakses IndiHome, pada saluran 200 untuk SD, dan saluran 916 untuk HD-nya, atau indonesiana.tv. Sementara itu, bagi yang ingin menyaksikan melalui YouTube Kemendikbud RI.

Nantinya, dalam acara ini akan dimeriahkan oleh Desta, Indah Kusuma, Gita Bahana Nusantara, dan para tokoh pendidikan dan kebudayaan. Simak interaksi Mendikbudristek dengan peserta didik kelas VIII saat #masukkelas di SMP Negeri 5 Jakarta. Selain itu, Mendikbudristek juga akan menyampaikan kisah semangat gotong royong dan Merdeka Belajar sebagai sebuah gerakan milik bersama.

Semua perubahan positif yang diusung dalam gerakan Merdeka Belajar, kata Menteri Nadiem, tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. “Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” ujarnya.

Sorotan utama acara peringatan Hardiknas Tahun 2022 juga akan ditayangkan pada Minggu, 15 Mei 2022 di CNN Indonesia TV pada pukul 10.00 WIB dan di TVRI pada pukul 13.00 WIB.