PMPK – Berada di ujung selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, SLB Negeri Cipatujah telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Berdiri pada tahun 2017 sekolah tersebut telah mengukir sejumlah prestasi.

Prestasi yang telah diraih oleh para siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut tidak hanya pada tingkat lokal, tapi juga hingga tingkat internasional. Tepatnya pada tahun 2021 siswa bernama Sri Susilawati berhasil mengharumkan nama Indonesia pada ajang kompetisi tata rias internasional Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 dengan meraih penghargaan sebagai Best of Unique Design.

Prestasi yang telah diraih oleh Sri Susilawati ini membakar spirit siswa-siswa berkebutuhan khusus yang lainnya, bahwa keterbatasan tidak menjadi tembok penghalang untuk terus mengukir prestasi setinggi-tingginya.

“Sri memberikan pelajaran bagi kita bahwa keterbatasan tidak menjadi penghalang untuk bisa mengukir prestasi. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus maka prestasi bisa diraih sampai tingkat internasional,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Rahmawati Hasanah.

Rahmawati mengatakan prestasi yang diraih Sri Susilawati saat ini tidak bisa terpisahkan dari perjuangan sebelumnya. Sejumlah prestasi telah Sri raih baik di tingkat kabupaten dan tingkat provinsi.

“Sri adalah siswa berprestasi. Pada tahun 2019 dia meraih juara 1 tingkat kabupaten pada lomba merias wajah dan juara 2 tingkat provinsi pada lomba yang sama. Dan pada tahun 2020 dia meraih juara 1 pada lomba merias wajah baik pada tingkat kabupaten dan provinsi,” jelasnya.

Menurutnya, Sri adalah salah satu contoh peserta didik yang tekun dan tidak pernah henti dalam belajar. Berkat ketekunannya dia mampu membuktikan bisa lebih unggul dari peserta-peserta lain pada ajang kompetisi tata rias internasional Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021.

“Ini prestasi yang luar biasa. Dia bisa mengalahkan peserta lain dari beberapa negara. Yang menarik lawannya bukan dari anak berkebutuhan khusus,” ujar Rahmawati.