PMPK, Jakarta – Semangat Merdeka Belajar tak sekadar jargon, melainkan telah dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 01 Jakarta. Semangat Merdeka Belajar itu di antaranya mewujud pada banyak tanya, banyak coba, banyak karya. Hal itu di antaranya terlihat pada interaksi guru Tata Kecantikan SLBN 01 Jakarta Ekawati dengan Peraih penghargaan The Most Popular Vote pada Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 Angelica Salwa Muharam. Ekawati mengenang interaksinya dengan Salwa kala belajar Tata Kecantikan.

“Saya misalnya kasih contoh gambar, ibu mau kamu bikin bunga seperti ini. Coba gimana. Saya membebaskan dia untuk berkreasi. Saya hanya menempelkan gambar, coba kamu buat. Pertamanya dia bilang, ‘bu itu sulit’. Kamu belum coba kan? Saya membebaskan anak untuk berkreasi,” ujar Ekawati beberapa waktu lalu.

Merdeka Belajar pun terbukti berpihak pada anak, berpusat pada murid, dengan memberikan kesempatan lebih kepada mereka untuk berkreasi.

“Merdeka Belajar sangat baik, karena anak kan lebih bebas berkreasi, berinovasi, mereka enggak terpatok hanya di kurikulum tertentu. Misalnya saya memberikan materi make up, ternyata mereka mampu make up-nya yang lebih tinggi. Misalkan saya memberikannya make up sehari-hari atau make up pesta, ternyata ketika saya ajarkan dia bisa dengan make up pengantin, bridal,” terang Ekawati tentang dampak nyata Merdeka Belajar.

Karsa untuk belajar bertaut dengan penggunaan teknologi yang tepat guna, di antaranya dengan mencari tutorial make up di YouTube.

“Hari ini kita belajar ini, mereka langsung browsing, cari, karena mereka kan memang pegang handphone,” kata Ekawati.