PMPK, Jakarta – Angelica Salwa Muharam berhasil meraih penghargaan The Most Popular Vote pada Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021.

Pada ajang Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021, sebelum melakukan make up, peserta mengirimkan sketsa dan sinopsis kepada panitia sesuai dengan tema yang telah ditentukan, yaitu “Beauty of Tropical Paradise”. Pada akhir pelaksanaan kompetisi dilakukan catwalk atau demonstrasi hasil make up dan body art yang telah dilengkapi dengan aksesori yang diperlukan.

“Saya ambil tema ‘Fruit and Bird Tropical Paradise’, ‘Buah dan Burung di Alam Tropis’. Dari tema besar Cidesco, saya browsing lewat Google tentang make up yang mengarah pada tropical paradise,” ungkap Salwa yang memiliki hobi memasak, khususnya kue cokelat.

“Dia sempat menggambar beberapa desain, memilih desain seperti apa yang dia mampu dan bisa dia lakukan dengan cepat. Karena lomba full body 5 jam,” jelas guru Tata Kecantikan SLBN 01 Jakarta Ekawati.

Cidesco Make Up and Body Art Competition adalah kompetisi tahunan tingkat internasional dalam bidang kecantikan yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengapresiasi penata rias terbaik di dunia. Kompetisi ini terbuka bagi para profesional maupun para pelajar.

“Lawannya bukan anak-anak ABK lagi. Lawannya sudah profesional, nondisabilitas. Saya sebagai guru pembimbingnya merasa bangga, bangga banget. Oh ternyata anak ABK mampu buat melawan orang-orang profesional. Bukannya lawannya hanya ABK saja,” tutur Ekawati.

Untuk menghadapi lomba Cidesco Make Up and Body Art Competition, latihan di rumah Salwa, rumah Ekawati, dan di sekolah pun ditempuh.

“Bawa alat-alat make up ibu, kamu latihan di rumah. Benar dia latihan. Dia kirim fotonya, buktinya. Buat lomba kemarin, dia ajak temannya, karena di badan model kan. Harus full depan, belakang, full body. Dia ajak temannya sama tunarungu juga. Bawa ke rumahnya. Dia fotoin, video call. Yang kurang saya kasih tahu,” ujar Ekawati tentang persiapan menuju lomba.

“Latihan juga dilakukan di rumah saya. Saya juga minta Salwa ke sekolah, karena sempat terkendala jaringan. Sempat dua kali kami latihan di sekolah,” imbuh Ekawati.

Angelica Salwa Muharam tak hanya terampil dalam tata kecantikan, ia juga memiliki karakter unggul, seperti fokus, hormat kepada guru.

“Angelica boleh dikatakan memang yang diandalkan, dari kecantikan. Di LKSN mendapatkan juara 1, makanya kemarin ikut serta untuk tingkat internasional,” tutur Kepala SLBN 01 Jakarta Dedeh Kurniasih.

“Salwa anaknya nurut, baik, sama saya masih patuh. Benar-benar menghargai saya,” ujar guru Tata Kecantikan SLBN 01 Jakarta Ekawati.