PMPK - Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril mengatakan, hingga saat ini stigma negatif dan diskriminasi kepada penyandang disabilitas masih terjadi. Dia mengajak untuk semua pihak bergandeng tangan untuk bersama-sama menuntaskan permasalahan tersebut.

“Harus diakui, sampai hari ini masih ada stigma negatif dan diskriminasi kepada penyandang disabilitas, yang menjadi tanggung jawab kita semua, dan tidak hanya oleh para pegiat disabilitas. Stigma negatif dapat diselesaikan manakala kita semua bersinergi, dan bergandeng tangan menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama, yaitu dengan menciptakan dunia yang lebih baik bagi penyandang disabilitas,” katanya saat memperingati hari Hari Disabilitas Internasional (HDI), Kamis (3/12/2020). 

Gufroni mengatakan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak setara dengan yang non disabilitas. Maka itu, dia meminta agar mereka pun mendapatkan akses yang sama baik dalam pendidikan, pekerjaan, social, politik dan lainnya.

Lebih lanjut dia tegas mengatakan para penyandang disabilitas juga memiliki keinginan yang kuat agar berguna bagi masyarakat. Maka itu, berilah dia kesempatan yang sama sehingga mereka akan bisa mewarnai dunia dengan karya-karya mereka.

“Kami tidak ingin menjadi benalu di dalam keluarga, kami tidak ingin menjadi benalu juga di dalam masyarakat, kami juga tidak ingin menjadi beban negara. Kami ingin menjadi aset bagi keluarga dan masyarakat. Kata kuncinya adalah beri kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas untuk melihat dunia,” tutupnya.